Pertanyaan seputar telaah kurikulum fisika

TELAAH KURIKULUM FISIKA
“TUGAS KE-5 TELAAH KURIKULUM FISIKA”





Oleh:
                                                Nama    : EDWIN MARTIN
                                                NPM     : A1E018044
                                                Prodi     : Pendidikan Fisika 4B
                        Dosen    : Dr. Rosane Medriati, M.pd









PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS BENGKULU
2020
Apa yang dimaksud dengan strategi pembelajaran ?
Jawab :
Pengertian Strategi Pembelajaran Secara Umum :
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda dibawah kondisi yang berbeda.
Strategi pembelajaran dapat dipahami sebagai suatu cara atau seperangkat cara atau teknik yang dilakukan dan ditempuh oleh seorang guru atau peserta didik dalam melakukan upaya terjadinya suatu perubahan tingkah laku atau sikap. Oleh karena itu strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Factor –faktor apa saja yang dipertimbangkan untuk menentukan strategi pembelajaran ?
Jawab :
       Komponen Strategi Pembelajaran.
Komponen-komponen strategi pembelajaran akan mempengaruhi jalannya pembelajaran, untuk itu semua komponen strategi pembelajaran merupakan faktor yang berpengaruh terhadap strategi pembelajaran. Untuk lebih mempermudah menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap strategi pembelajaran, komponen strategi pembelajaran dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu:
1.      Peserta didik sebagai raw input
2.      Intering behavior peserta didik
3.      Instrumental input atau sasaran
Dalam sumber lain dijilaskan bahwa Dalam menerapkan strategi pembelajaran ada beberapa komponen yang harus diperhatikan agar dalam kegiatan pembelajaran dapat mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Dengan demikian secara garis besar komponen strategi pembelajaran adalah:
1.      Tujuan pengajaran
Tujuan pengajaran merupakan acuan yang dipertimbangkan  untuk memilih strategi dalam pembelajaran. Tujuan pengajaran yang beorientasi pada pembentukan sikap tentu tidak akan dapat dicapai jika strategi pembelajarannya berorientasi pada dimensi kognitif.
2.      Guru
Masing-masing guru berbeda dalam pengalaman pengetahuan, kemampuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar, pandangan hidup, maupun wawasannya. Perbedaan ini mengakibatkan adanya perbedaan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang digunakan dalam program pengajaran.

3.      Peserta didik
Di dalam kegiatan belajar-mengajar, peserta didik mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Seperti lingkungan sosial, lingkungan budaya, gaya belajar, keadaan ekonomi, dan tingkat kecerdasan. Masing-masing berbeda-beda pada setiap peserta didik. Makin tinggi kemajemukan masyarakat, makin besar pula perbedaan atau variasi ini dalam kelas. Hal ini perlu dipertimbangkan dalam menyusun suatu strategi dalam pembelajaran yang tepat.
4.      Materi pelajaran
Materi pelajaran dapat dibedakan antara materi formal dan materi informal. Materi formal adalah isi pelajaran yang terdapat pada buku teks resmi di sekolah, sedangkan materi informal ialah bahan-bahan ajaran yang bersumber dari lingkungan sekolah yang bersangkutan. Komponen ini merupakan salah satu masukan yang tentunya perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar-mengajar.

5.      Metode pengajaran
Ada berbagai metode pengajaran yang perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar-mengajar. Ini perlu, karena ketepatan metode akan mempengaruhi bentuk strategi pembelajaran.

6.      Media pengajaran
Media merupakan sarana pendidikan yang tersedia, sangat berpengaruh terhadap pemilihan strategi belajar-mengajar. Keberhasilan program pengajaran tidak tergantung dari canggih atau tidaknya media yang digunakan, tetapi dari ketepatan dan keefektifan media yang digunakan oleh guru.

7.       Faktor administrasi dan financial
Termasuk dalam ini adalah jadwal pelajaran, kondisi gedung, dan ruang belajar, yang juga merupakan hal-hal yang tidak boleh diabaikan dalam pemilihan strategi belajar-mengajar,

8.      Pengelolaan kelas
Suasana kelas yang kondusif akan mampu mengantarkan pada prestasi akademik dan non akademik peserta didik maupun kelasnya secara keseluruhan.

Delapan komponen diatas haruslah diperhatikan oleh seorang guru untuk menetapkan strategi dalam pembelajaran. Jika salah satu komponen tersebut terabaikan, maka bukan tidak mungkin strategi pembelajaran yang digunakan akan terhambat.

Menurut anda strategi apa yang dianjurkan dalam pembelajran fisika
Jawab:
Menurut saya strategi yang cocok digunakan dalam pembelajaran fisika adalah:
Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Strategi pembelajaran kontekstual/Contextual teaching and learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Dalam strategi pembelajaran ini siswa dapat lebih memahami baik konsep maupun pemahaman pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama