TERNYATA SAWI MEMILIKI BEBAGAI MACAM JENIS

    Sawi menjadi salah satu sayuran terpopuler di Indonesia. Sawi biasa diolah dengan cara ditumis atau sekedar dimasukkan sebagai rebusan pelengkap di mi instan atau bakso semangkok.

    Tahukah kamu, ternyata sawi memiliki berbagai jenis atau varian? Yang terkadang membuat kamu terkecoh akan penampilannya.

    Untuk sebagian orang mungkin berpendapat bahwa  sawi itu sama saja dan hanya sawi yang kita sering temui di mie ayam atau yang lain nya.

Berikut 5 jenis sawi yang wajib kita ketahui :

1. Sawi Putih


        Sawi putih adalah salah satu varian sawi yang terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Sawi putih punya nama Latin Brassica juncea L. Sawi merupakan kerabat dekat dari kubis sehingga dalam bahasa Inggris sayuran ini disebut nape kubis atau kubis cina.

        Sawi putih menjadi sangat populer semenjak kimchi mendunia. Sayuran ini memiliki nama latin Brassica juncea L dan biasa juga disebut napa cabbage.

2.  Sawi Hijau



    Sawi hijau punya rasa yang agak pahit, namun di beberapa daerah rasa pahit tersebut dapat dihilangkan dengan cara diasinkan. Jadi, tidak heran jika di beberapa daerah sawi hijau lebih dikenal dengan nama sawi asin.

    Meski hambar, sawi hijau rupanya menyimpan nutrisi serta vitamin A dan C yang melimpah. Bahkan, lebih banyak dibanding bayam maupun buah jeruk,lho. Untuk mengolah sayur ini, kamu bisa juga menumis dengan daging maupun bawang putih.


3.Pokchoy atau Bokchoy



    Pokchoy atau bokchoy juga masih satu keluarga dengan sawi. Secara keseluruhan, bentuk pokchoy mirip dengan caisim, hanya saja bonggolnya lebih gemuk dan punya batang pendek.

    Punya daun berbentuk mirip alat makan, pakchoy juga dikenal dengan sawi sendok.Pokchoy atau bokchoy biasanya dimasak dengan cara tumis sederhana menggunakan bawang putih. Teksturnya yang crunchy membuat sayuran ini cukup populer disajikan di restoran Asia. Selain itu, ada juga versi kecil sayur pokchoy ini yang dikenal dengan nama baby pokchoy.


4.Kailan



    Sayuran ini satu ini sering disebut dengan chinese broccoli. Sayur dengan nama Latin Brassica oleracea group alboglabra ini sering dianggap serupa dengan beberapa sayur lainnya. Bentuk daunnya mirip dengan sawi hijau, sedangkan batangnya sangat mirip dengan kangkung. Ukuran kalian juga terbilang sangat pendek dengan daun lebar seperti pakcoy.


5.Sawi Huma



    Jenis sawi terakhir adalah sawi huma. Dinamakan demikan karena sawi ini dapat tumbuh secara optimal di tempat kering seperti tegalan, mirip dengan huma. Sawi huma biasanya ditanam setelah musim hujan karena tanaman ini tidak tahan terhadap genangan air.

    Ciri sawi huma adalah memiliki daun sempit, panjang, serta berwarna hijau agak putih. Batangnya juga lebih kecil dibandingkan sawi biasa, namun berukuran panjang. Bentuknya daunnya agak mirip bokchoy, namun batangnya berbeda.

 

Blog Me instan
Me instan
Ukuran File kecil

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama