5 JURUSAN UNTUK KAMU YANG YANG SUKA MENGHITUNG (BAHAN PERTIMBANGAN SNPMB)

       


        Pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru( SNPMB) 2023 akan segera dibuka. Calon mahasiswa pun harus sudah mengetahui jurusan kuliah yang akan dipilihnya untuk menjalani pendidikan di perguruan tinggi negeri.

        Sebagai siswa kelas akhir tentunya akan merasakan kebingungan memilih jurusan yang tepat untuk diambil ketika masuk perguruan tinggi.Faktanya salah dalam memilih jurusan kuliah akan berdampak pada saat menjalani perkuliahan jika kamu tidak memilih jurusan yang tepat.Tak jarang banyak mahasiswa yang ketika di pertengahan proses perkuliahan merasa salah jurusan yang tidak sesuai dengan passionnya.

       Optimis adalah perasaan yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Namun, dalam memilih jurusan setiap orang harus bersikap realistis tentang kegagalan yang mungkin dihadapi. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu.

        Memilih jurusan kuliah yang sesuai minat membuatmu menjalani masa perkuliahan dengan bahagia. Tugas kuliah menumpuk tak akan terasa sebagai beban jika kamu memang tertarik menjalaninya.

        Dalam memilih jurusan yang tepat, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai sebuah jurusan.

        Selain passion, ternyata kepribadian memiliki peranan penting dalam menentukan jurusan kuliahmu. Bahkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidangnya.

Jika kamu suka hitung - hitungan berikut jurusan yang cocok untuk kamu yg suka berhitung :

1.Matematika

        Jurusan matematika merupakan ilmu tentang angka dan perhitungan yang mempelajari  kombinasi matematika murni dan terapan (pure vs applied mathematics) seperti aljabar, geometri, analisis matematika, statistika, komputasi, aktuaria, juga riset operasi.

     Jika kamu suka berhitung jurusan ini sangat cocok untuk di pilih untuk memasuki perguruan tinggi.sebab di Jurusan Matematika kamu tidak harus menghapalkan berbagai rumus sulit, cukup kemampuan berpikir logis dan sistematis seperti metode sebab-akibat, kamu akan mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika. Ilmu algoritma dalam Matematika juga mengajarkanmu membuat susunan langkah yang tepat dan tentu saja dapat diaplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari.

2.Teknik Informatika

Teknik Informatika itu jurusan yang berafiliasi menggunakan matematika serta nalar. Teknik informatika sendiri ialah bidang ilmu yang mengkaji serta menerapkan analisis matematis dan prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, membuatkan, dan mengevaluasi kinerja personal komputer, perangkat lunak, serta sistem operasi.



Jika kamu suka berhitung dengan mengoperasi perangkat lunak jurusan teknik informatika ini bisa jadi pilihan kamu memasuki perguruan tinggi.

3.Statistika

Meskipun peminat Jurusan Statistika belum seramai jurusan dari rumpun Saintek lainnya, seperti Jurusan Kedokteran atau Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Statistika adalah jurusan yang mempelajari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data untuk kemudian dijadikan pijakan pengambilan keputusan.

Adapun data-data yang diproses pada Jurusan Statistika adalah data yang valid tanpa rekaan sama sekali.Yang dipelajari di jurusan statistika ada beberapa mata kuliah yang menghitung dengan rumus.namun di jurusan ini juga tidak mesti jago banget dalam menghitung karena banyak perhitungan yang menggunakan kalkulator.

Jika kamu suka dengan angka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pilih di perguruan tinggi.

4.Fisika

Fisika tentu tidak asing lagi bagi kita terutama untuk kalian yang berjurusan IPA tentu sudah tau apa itu Fisika.

Dengan ilmu fisika kita akan mempelajari alam melalui teori dan rumus matematika sebagai ilmu dasarnya. Ilmu Fisika juga mengajak kita mempelajari gejala-gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika sebagai salah satu ilmu dasar yang menjadi landasan dari berbagai ilmu lainnya.

Ilmu Fisika memberikan pengetahuan mendetail tentang bumi, serta turut berperan dalam perkembangan teknologi dan berbagai peran penting sejak berabad-abad lalu, sebut saja penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. Hingga saat ini ilmu kacamata sangat mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kerekayasaan, kimia, dan kedokteran edufriends.

Jika kamu suka dengan rumus-rumus jurusan Fisika bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan kuliah.

5.Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu ekonomi berfokus pada ekonomi secara makro banyak membahas tentang permasalah ekonomi secara menyeluruh dengan cakupan perekonomian satu negara atau antar negara. Dalam mempelajari ekonomi berskala makro memerlukan pendekatan secara matematis khususnya Aljabar.

Proses matematis yang dilakukan digunakan untuk membantu merumuskan kebijakan yang tepat diambil kedepannya. Kamu mungkin sering melihat mahasiswa Ilmu Ekonomi sangat akrab dengan persamaan fungsi linear dan kuadrat, persamaan integral dan diferensial, hingga perhitungan matriks.

Ini lah 5 jurusan untuk kamu yang menyukai perhitungan, Jurusan-jurusan ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi impian mu.


 

Blog Me instan
Me instan
Ukuran File kecil
Kalau file belum terunduh juga, coba deh di refresh lagi halamannya terus klik lagi tombol download Bisa kok!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama