JENIS-JENIS KALENDER DIGUNAKAN DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA:

 

JENIS-JENIS KALENDER DIGUNAKAN DI BERBAGAI 

BELAHAN DUNIA:

 

          Kalender merupakan sistem yang digunakan untuk menandai pergantian waktu, seperti hari, minggu, bulan, dan tahun. Inilah jenis-jenis kalender yang digunakan oleh Negara-negara di berbagai belahan dunia:

1.      1. Kalender masehi



    Kalender masehi merupakan penyempurnaan dari kalender Julian dan Gregorian. Satu tahunnya terdiri dari 12 bulan. Setiap bulan terdiri dari 30 atau 31 hari, kecuali bulan februari yang memiliki 28 dan 29 hari. Kalender ini menggunakan dasar pergerakan matahari. 

2.      2. Kalender Hijriah



    Kalender Hijriah disebut juga dengan kalender Islam. Kalender ini disebut dengan kalender Hijriah dikarenakan pada tahun pertama terjadinya hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, dimana di beberapa negara mayoritas Muslim. Kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan setiap tahunnya. Kalender ini menggunakan dasar pergerakan bulan. Pada kalender ini terdapat selisih 11 hari dengan kalender masehi, dimana setiap bulannya terdiri dari 29 atau 30 hari.

3.      3. Kalender Tionghoa




    Kalender ini banyak digunakan sekitar pada tahun 551 Sebelum Masehi, yang diciptakan oleh Kaisar Huang. Kalender Tionghoa dibuat dengan memadukan peredaran Bulan dan Matahari. Kalender ini terdiri dari 12 bulan dengan setiap bulannya terdiri dari 29 atau 30 hari.

4.      4. Kalender Jepang



    Kalender jepang yang digunakan sekarang mirip dengan kalender masehi, tetapi tahun pertamanya dimulai sejak kaisar bertakhta. Kalender ini memiliki 12 bulan dalam satu tahun. Berikut nama-nama bulan pada kalender jepang: Ichigatsu, Nigatsu, Sangatsu, Shigatsu, Gogatsu, Rokugatsu, Sichigatsu, Hachigatsu, Kugatsu, Jugatsu, Juichigatsu dan Junigatsu.  

5.    5. Kalender Maya



    Kalender maya diciptakan pada sekitar 747-353 sebelum masehi. Kalender ini berasal dari peradaban suku maya pada penduduk asli Benua Amerika. Kalender maya terdiri dari 260 hari yang terbagi menjadi 13 trecena, dimana setiap trecena adalah 20 hari.

6.      6. Kalender Saka



    Kalender Saka berasal dari India, dengan memadukan penanggalan Matahari dan Bulan. Kalender ini pembagiannya menurut pada pembagian musim di India, yaitu 6 musim dalam setahun, dimana setiap musim terjadi selama 2 bulan. Kalender saka biasanya digunakan di Indonesia yaitu pada Masyarakat Bali.

7.      7. Kalender Jawa



    Kalender jawa adalah sebuah kalender yang sesuai dengan nama nya yaitu kalender yang didasarkan pada budaya jawa. Kalender Jawa ini terdiri dari 12 bulan, dengan menggunakan 2 siklus hari, yaitu siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari dan siklus pekan Pancawara. Siklus Pancawara ini terdiri dari 5 hari pasaran, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

8.     

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama