TELAAH KURIKULUM FISIKA
“ANALISIS BUKU AJAR KURIKULU 2013 SMA”
Disusun Oleh:
Nama : EDWIN MARTIN
NPM : A1E018044
Prodi/ kelas : Pendidikan Fisika / 4B Dosen Pengampu
:Dr.
Rosane Medrianti M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS BENGKULU
2020
·
Analisis buku
ajar
·
Judul Buku :
FISIKA KELAS XI
·
Karya :Setya
Nurahmadi
_______________________________________________________________________
Jadi kesimpulan dari buku bahan ajar
guru tersebut masih tergolong bisa dijadikan referensi karena cukup memenuhi
persyaratan . sebagai mana kareteristik yang benar dari buku guru yang saya
ketahui yaitu:
Karakteristik Buku Guru
Buku
Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum
2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
- Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
- Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
- Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
Di
dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL),
Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hasil analisis dari buku
menyatakan bahwa kategori sains yang
cakupannya tertinggi adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan dengan
persentase rata-rata 72,23%, artinya indikator-indikator sains sebagai batang
tubuh pengetahuan memiliki cakupan yang paling banyak. Kategori sains sebagai
cara penyelidikan memperoleh persentase rata-rata 66,74%. Dari sepuluh
indikator, pertanyaan/situasi yang mengharuskan peserta didik untuk menjawab
dan mengerjakan melaluipenggunaan grafik, tabel, chart, diagram
Diagram dan sejenisnya
kemunculan dalam tiap buku hanya tiga atau empat pertanyaan. Selain itu, buku
sudah menampilkan link web site yang dapat dikunjungi oleh peserta didik
sebagai tambahan informasi yang berkaitan dengan materi. Kategori sains sebagai
interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat memperoleh persentase 66,15%.
Dari sepuluh indikator, indicator karir/pekerjaan yang berkaitan dengan materi,
dan indikator studi masalah yang penting untuk sekarang dan dimasa depan hanya
dimunculkan sedikit bahkan tidak ada. Sedangkan sains sebagai cara berpikir
memiliki cakupan yang paling sedikit dengan persentase 62,78%. Tetapi secara
keseluruhan, buku tersebut memiliki
cakupan kategori literasi sains yang baik, dengan rata-rata persentase 65,98%.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Akan tetapi
pada buku ini terdapat Jumlah
kesalahan konsep, kesalahan di dalam buku ajar Fisika yang dianalisis dapat dilihat di
bawah ini:
Buku karya Setya
Nurachmandani yang berjudul FISIKA
2
Untuk
SMA/MA Kelas
XI,
memiliki sembilan
buah kesalahan konsep. Kesalahan konsep yang terdapat
dalam buku
ini yaitu:
(1) Kesalahan konsep penulisan
persamaan umum usaha.
(2)
Kesalahan konsep penggunaan
notasi titik dalam
persamaan Fisika. (3)
Kesalahan konsep
penggambaran besaran
vektor gaya.
(4)
Kesalahan konsep penggunaan notasi
silang dalam persamaan
Fisika. (5)
Kesalahan
konsep pengertian gaya konservatif.
Disamping
kesalahan
konsep, di dalam
buku karya Setya
Nurachmandani juga
terdapat
kekurangan
materi atau
konsep, yaitu
kekurangan
konsep daya dan persamaan umum energipotensial gravitasi.
Kesalahan
ketik
dalam buku
ini sebanyak empat
buah.
إرسال تعليق