Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TIK KELAS 9 SMP - KURIKULUM MERDEKA

 

   


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TIK KELAS 9 SMP

KURIKULUM MERDEKA

    Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan memanfaatkan internet menjadi sangat penting. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu mata pelajaran yang memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi ini. Materi yang diajarkan di kelas VII SMP ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dasar mengenai perangkat keras komputer serta kemampuan dasar dalam menggunakan internet secara efektif dan aman.

     Pembelajaran TIK untuk kelas VII dengan Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual bagi siswa. Melalui pendekatan yang fleksibel dan inovatif, siswa diharapkan dapat memahami fungsi dasar perangkat keras komputer, mengenali komponen utama komputer, serta menggunakan internet untuk mencari informasi sederhana. Selain itu, aspek etika dan keamanan dalam penggunaan internet juga ditekankan agar siswa dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab.

    Dalam proses pembelajaran ini, siswa akan dilibatkan dalam berbagai aktivitas yang mendukung pengembangan kompetensi dan karakter. Pendekatan saintifik yang melibatkan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan akan digunakan untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok akan mendorong siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan sosial serta kognitif mereka.

Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan siswa. Dengan menggunakan metode ceramah interaktif, demonstrasi, diskusi kelompok, dan latihan praktik, guru diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar yang efektif dan menyenangkan. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar secara teoritis, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata.

    Pada akhirnya, tujuan utama dari pembelajaran TIK ini adalah untuk membantu siswa menjadi individu yang kritis, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, siswa dapat menghadapi tantangan di era digital dengan percaya diri dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester: VII / 1

Materi: Pengenalan Dasar Komputer dan Internet

Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan fungsi dasar perangkat keras komputer.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama komputer.
  3. Siswa dapat menggunakan internet untuk mencari informasi sederhana.
  4. Siswa menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menggunakan perangkat komputer dan internet.

B. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

  1. Bernalar kritis.
  2. Kreatif.
  3. Mandiri.
  4. Gotong royong.

C. Materi Pembelajaran

  1. Pengenalan perangkat keras komputer (CPU, monitor, keyboard, mouse, printer).
  2. Fungsi dasar komputer.
  3. Cara mengakses internet dan menggunakan mesin pencari.
  4. Etika dan keamanan dalam menggunakan internet.

D. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif.
  2. Demonstrasi.
  3. Diskusi kelompok.
  4. Latihan/praktik.

E. Media dan Alat Pembelajaran

  1. Komputer atau laptop.
  2. Proyektor.
  3. Internet.
  4. Handout materi.

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru menyapa dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Apersepsi: Guru menanyakan kepada siswa tentang pengalaman mereka menggunakan komputer dan internet.
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan profil pelajar Pancasila yang akan dikembangkan.

Inti (60 menit)

  1. Ceramah Interaktif (10 menit)
    • Guru menjelaskan fungsi dasar komputer dan komponen utamanya.
  2. Demonstrasi (10 menit)
    • Guru menunjukkan cara mengoperasikan komputer, menyalakan dan mematikan, serta fungsi dasar perangkat keras.
  3. Diskusi Kelompok (20 menit)
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mengidentifikasi komponen komputer yang ada di depan mereka.
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  4. Latihan/Praktik (20 menit)
    • Siswa diberi tugas untuk mencari informasi sederhana di internet menggunakan mesin pencari (misalnya Google).
    • Siswa diminta untuk mencari informasi tentang topik tertentu (misalnya, biografi seorang tokoh).

Penutup (10 menit)

  1. Siswa bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan dari pembelajaran hari ini.
  2. Refleksi: Siswa diminta untuk menyampaikan kesan dan pesan terkait pembelajaran yang telah berlangsung.
  3. Guru memberikan tugas rumah untuk menulis ringkasan tentang penggunaan internet secara aman.

G. Penilaian

  1. Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan pembelajaran untuk menilai sikap tanggung jawab dan kerjasama.
  2. Penilaian Pengetahuan: Tes lisan tentang fungsi dan komponen komputer.
  3. Penilaian Keterampilan: Praktik penggunaan komputer dan internet.

H. Sumber Belajar

  1. Buku teks TIK Kelas VII.
  2. Artikel online tentang komponen komputer.
  3. Video tutorial dasar komputer.

     Dengan pelaksanaan pembelajaran yang terencana dan komprehensif ini, semoga tujuan pendidikan dapat tercapai dan siswa dapat menjadi individu yang siap menghadapi masa depan yang penuh dengan perubahan dan tantangan. Terima kasih atas kerjasama dan partisipasi aktif semua pihak yang telah mendukung kelancaran proses pembelajaran ini.

 

Blog Me instan
Me instan
Ukuran File kecil
Kalau file belum terunduh juga, coba deh di refresh lagi halamannya terus klik lagi tombol download tadi. Bisa kok!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama